Sabtu, 25 Juli 2009

Mengenal dan Menggambar Objek Flash

> Menggambar dalam pembuatan nimasi

Animasi adalah gambar bergerak yang berbentuk dari sekumpulan objek / gambar yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Terdapat dua hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan animasi, yaitu objek/gambar dan alur gerak. Suatu animasi yang ideal tidak akan dapat terwujud tanpa terpenuhinya tiga hal tersebut.

> Pengenalan objek gambar

Objek gambar yang dapat kita lihat melalui media komputer terbagi menjadi 2 jenis yaitu bertype bitmap dan bertipe vektor. Objek bertipe bitmap adalah objek gambar yang memiliki detail warna yang kompleks. Gambar bertipe bitmap ini diperoleh dari hasil scanning foto atau gambar tangan yang sebelumnya telah dibuat diatas kertas. Gambar bertipe bitmap ini memiliki kelebihan berupa kedetailan warna yang biasannya kedetailan tersebut tergantung dari besarnya resolusi gambar yang digunakan. Oleh karena itu apabila kita memperbesar gambar bertipe bitmap dengan resolusi kecil, maka gambar tersebut akan nampak pecah, tidak halus, sehingga tampilan gambar menjadi tidak jelas.

Lain halnya dengan gambar bertipe vektor yang diperoleh dengan menggambar langsung dengan menggunakan komputer. Gambar bertipe vektor memiliki karakteristik yang tidak tergantung pada resolusi gambar, sehingga walaupun gambar bertipe vektor ini diperbesar atau diperkecil hingga seukuran apapun, kualitasnya tidak akan berubah. Kekurangan gambar bertipe vektor apabila dibandingkan dengan tipe bitmap terletak pada kedetailan gambar yang ditampilkan. Dengan animasi flash, cenderung lebih banyak membuat gambar bertipe vektor, walaupun tidak jarang dicampur dengan tipe bitmap untuk mendapatkan variasi objek dalam animasi agar nampak lebih menarik.

> Dasar pembentukan objek gambar

Unsur-unsur pembentuk objek gambar yang dimaksud disini adalah unsur-unsur berupa garis luar (outline) atau pada program Flash lebih dikenal dengan stroke, sedangkan unsur kedua pembentuk objek adalah warna dalam objek(fill).

Gambar 5: membedakan stroke dan fill

Stroke : adalah sebuah garis sebagai pembentuk struktur luar suatu objek gambar. Pada versi sebelumnya stroke ini hanya dapat menggunakan jenis pewarnaan tunggalpolos (solid coloring), namun sekarang terdapat pewarnaan tunggal juga pewarnaan bertingkat (gradient coloring).

Stroke color : fasilitas yang digunakan untuk mengatur pemberian warna stroke.

Stroke height : fasilitas yang digunakan untuk mengatur ketebalan stroke. Pengaturan ukuran dapat kita lakukan dengan memasukkan angka pada ukuran stroke atau dengan mendrag pointer pada tombol stroke height tersebut.

Stroke style : untuk mengubah jenis garis yang akan digunakan

Fill : warna yang terdapat di dalam garis suatu objek.

Latihan 1

Buatlah bangun lingkaran, persegi, pesegi lima kemudian ubahlah warnanya dari masing-masing bangun tersebut!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar