Sabtu, 25 Juli 2009

Kegiatan 3

Penumpukan objek pada satu layer


Dalam pembuatan animasi, kita akan membuat objek yang jumlahnya lebih dari satu layer.

1. Objek yang saling bertumpuk akan menyatu dan memotong objek yang lain.

Kondisi di atas akan terjadi jika terdapat dua buah objek yang keduannya tidak memiliki stroke sebagai struktur terluarnya. Ketika mendrag objek yang satu dengan lainnya setelah itu klik sembarang tempat, maka yang terjadi adalah kedua objek akan menyatu menjadi kesatuan objek yang dipilih.



2. Objek yang bertumpuk tidak akan menyatu dengan objek yang lain dan dapat dipisah.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya akibat yang timbul oleh penumpukan objek. Yaitu dengan melakukan grouping objek gambar. Tindakan grouping yang kita lakukan ini dapat menghindari terjadinya penumpukan maupun penyatuan dua atau lebih objek yang saling bertumpuk satu sama lain. Tindakan grouping dapat dilakukan dengan :

  1. pilih objek gambar yang akan di grouping
  2. klik menu modify > group atau bisa menggunakan Ctrl + B


Ada satu hal yang perlu kita perhatikan ketika melakukan grouping pada objek gambar, yaitu stroke dan fill pada objek tersebut tidak dapat diwarnai secara langsung. Untuk dapat mewarnai secara langsung perlu melakukan ungrouping dengan langkah :

  1. pilih objek gambar yang akan di ungrouping
  2. klik menu modify > ungrouping atau Ctrl + Shift + B

3. Mengatur Posisi Tumpukan Objek Dalam Satu Layer

Posisi tumpukan dapat diatur dengan menggunakan fasilitas arrange pada menu modify. Pada fasilitas arrange, terdapat beberapa pilihan yang berkaitan dengan posisi objek gambar pada stage, antara lain:

a. Bring to front berfungsi untuk mengubah posisi suatu objek menjadi berada di posisi paling depan/atas dari 2 atau lebih objek yang sebelumnya berada di atas/depan objek tersebut.

b. Bring forward berfungsi untuk mengubah posisi suatu ubjek menjadi berada di depan/atas yang pada awalnya menumpuk di atas/depan objek tersebut. Perbedaan antara bring forward dan bring to front adalah pada bring to front, posisi objek diubah menjadi posisi paling atas/depan, sedangkan pada bring forward belum tentu mengubah posisi objek menjadi posisi paling depan/atas.

c. Sent backward berfungsi untuk mengubah posisi suatu objek menjadi berada dibelakang/bawah objek yang ada pada awalnya berada di belakang/bawah.

d. Sent to back berfungsi untuk mengubah posisi suatu objek menjadi berada di posisi paling belakang/bawah objek lain.


Latihan 3

> Setelah Anda mempelajari materi di atas, buatlah seperti gambar di bawah ini !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar